Borang III A S3 Bimbingan dan Konseling FIP UNP Print
Written by Zadrian Ardi   
Tuesday, 13 October 2020 03:36

SELAMAT DATANG

DI HALAMAN DATA ASESMEN LAPANGAN DARING AKREDITASI PROGRAM STUDI S3 BIMBINGAN DAN KONSELING

FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI PADANG

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RINCIAN DATA PER STANDAR BORANG 3A PSS3BK FIP UNP

Nomor Butir Keterangan Link Dokumen
-
Fotokopi SK pendirian PS
(1) SK Pendirian PSS3BK
(2) SK Pendirian fakultas ilmu pendidikan
1. PP No. 24 Tahun 1956 Pendirian Unand di Bktg
2. PP No. 51 Tahun 1958 PTPG ke FKIP
3. Kepres No. 93 Tahun 1999 IKIP Padang ke UNP
- Fotokopi SK izin operasional PS SK izin operasional PS
Standar 1
1.1.1
Kejelasan, kerealistikan dan keterkaitan antar visi dan misi, tujuan, sasaran program studi dan pemangku kepentingan yang terlibat
Dokumen penyusunan visi misi S3 FIP UNP Buka Dokumen
Renop 2017 Program Studi S3 BK Buka Dokumen
Renop 2018 Program Studi S3 BK Buka Dokumen
Renop 2019 Program Studi S3 BK Buka Dokumen
Renstra UNP 2016-2020 Buka Dokumen
Renstra UNP 2020-2024 Buka Dokumen
Renstra FIP UNP Buka Dokumen
1.1.2
Strategi pencapaian sasaran dengan rentang waktu yang jelas dan didukung oleh dokumen
Capaian Pengembangan Prodi 2016-2020 3 tahun terakhir Buka Dokumen
Rencana Pengembangan Prodi S3 BK Buka Dokumen
Buku Panduan Akademik S3 BK Buka Dokumen
1.2
Pemahaman visi, misi, tujuan, dan sasaran program studi oleh seluruh pemangku kepentingan internal (internal steakholders), sivitas akademika (dosen dan mahasiswa), dan tenaga kependidikan
Tingkat pemahaman stakeholders terhadap visi dan misi Buka Dokumen
Laporan pemahaman visi dan misi S3 BK Buka Dokumen
Tabel tingkat pemahaman stakeholder terhadap visi dan misi Buka Dokumen
Bukti dokumen sosialisasi Buka Dokumen
Standar 2
2.1
Tata pamong menjamin terwujudnya visi, terlaksananya misi, tercapainya tujuan, berhasilnya strategi yang digunakan secara kridibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab dan adil
SOP FIP Buka Dokumen
Kode etik dosen Buka Dokumen
Kode etik mahasiswa Buka Dokumen
Pemilihan Dekan dan Wakil Dekan Buka Dokumen
Pemilihan senat FIP Buka Dokumen
Renop FIP UNP 2016-2020 Buka Dokumen
Renstra FIP Revisi Buka Dokumen
SOP Prodi S3 Buka Dokumen
SOP UNP Buka Dokumen
2.1.1.a SOTK UNP Buka Dokumen
2.1.1.b STATUTA UNP Buka Dokumen
2.1.2 PEREK tentang tata cara pemilihan Kajur dan Sekjur Kaprodi Buka Dokumen
2.1.3 Dokumen Pemilihan Ka. Prodi Buka Dokumen
2.1.5 Laporan kegiatan tahun 2018 S3 BK Buka Dokumen
Permenristeikdikti 10 tahun 2015 tentang perubahan STOK UNP Buka Dokumen
Struktur OTK UNP Buka Dokumen
2.3
Sistem Pengelolaan Fungsional dan Operasional Program Studi
(1) Rencana pengembangan program studi
Renstra UNP 2016-2020
Renstra Fakultas Ilmu Pendidikan
(2) Standard Operating Procedure (SOP) Peraturan Mentri nomor 10 tahun 2015 SOTK UNP
SOP UNP Buka Dokumen
2.3.4.b SOP FIP Buka Dokumen
2.3.4.c SOP Prodi Buka Dokumen
Pelatihan Tenaga Kependidikan Buka Dokumen
Surat pelatihan untuk tendik Buka Dokumen
2.4 Dokumen tentang jaminan mutu. Buka Dokumen
2.5
Dokumen (kuesioner dan hasil) kajian proses pembelajaran melalui umpan balik dari dosen, mahasiswa, alumni, dan pengguna lulusan.
Buka Dokumen
Laporan Umpan Balik dosen dan Mahasiswa 9 Januari 2019
Laporan Umpan Balik dosen dan Mahasiswa 11 Juni 2019
Pelaksanaan penjaminan mutu di Program Studi Buka Dokumen
Penjaringan umpan balik dan tindak lanjut Buka Dokumen
2.6 Upaya-upaya yang telah dilakukan penyelenggara program studi untuk menjamin keberlanjutan program studi Buka Dokumen
Standar 3
3.1 Sistem rekrutmen calon mahasiswa baru (dokumen kebijakan dan penerimaan persyaratan) Buka Dokumen
3.2 Bukti Pendukung Pelayanan kepada mahasiswa Buka Dokumen
3.2.1.1 Rasio calon mahasiswa yang ikut seleksi terhadap daya tampung Buka Dokumen
3.2.1.2 Rasio mahasiswa baru yang melakukan registrasi terhadap calon mahasiswa baru yang lulus seleksi Buka Dokumen
3.2.1.3 Rasio mahasiswa baru transfer terhadap mahasiswa baru bukan transfer Tidak ada mahasiswa transfer
3.2.1.4 Rata-rata masa studi lulusan (dalam tahun) belum ada lulusan
3.2.1.5 Rata-rata IPK lulusan 5 tahun terakhir belum ada lulusan
3.2.1.6 Persentase mahasiswa warga negara asing (WNA) Tidak ada mahasiswa asing
3.2.2 Penghargaan atas prestasi mahasiswa di bidang akademik Buka Dokumen
Standar 4
4.1 Pedoman tertulis tentang sistem rekrutmen, penempatan, pembinaan, pengembangan, dan pemberhentian dosen Buka Dokumen
4.2.1 Pedoman tertulis tentang sistem monitoring dan evaluasi, serta rekam jejak kinerja dosen dan tenaga kependidikan Buka Dokumen
4.2.2 Pelaksanaan monitoring dan evaluasi kinerja dosen di bidang pendidikan, penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat Buka Dokumen
4.3.1.1 Dosen tetap yang memiliki jabatan guru besar yang bidang keahliannya sesuai dengan kompetensi PS Buka Dokumen
4.3.1.2 Dosen yang memiliki sertifikat dosen Buka Dokumen
4.3.2 Rata-rata beban kerja dosen persemester dalam SKS Buka Dokumen
4.4 Persentase jumlah dosen tidak tetap, terhadap jumlah seluruh dosen Buka Dokumen
4.5.1 Kegiatan tenaga ahli/pakar dari luar PT Buka Dokumen
4.5.2 Keikutsertaan dosen tetap kegiatan seminar ilmiah/lokalkarya Buka Dokumen
4.5.3.1 Dosen tetap yang pernah menjadi penguji luar pada program studi lain di PT sendiri Buka Dokumen
4.5.3.2 Persentase dosen tetap yang pernah menjadi pakar/konsultan/staf ahli/narasumber Buka Dokumen
4.5.3.3 Persentase dosen tetap yang menjadi anggota masyakarat/himpunan/ Buka Dokumen
4.5.3.4 Dosen tetap yang pernah menjadi guru besar tamu (visiting professor) dalam tiga tahun terakhir Buka Dokumen
4.5.4 Prestasi dosen tetap selama tiga tahun terakhir dalam mendapatkan penghargaan hibah Buka Dokumen
4.6.1.1 Tenaga kependidikan, pustakawan dan kualifikasinya Buka Dokumen
4.6.1.2 Tenaga kependidikan, laboran, teknisi, analis, operator, dan prgramer Buka Dokumen
4.6.1.3 Tenaga kependidikan, tenaga administrasi dan kualifikasi Buka Dokumen
4.6.2 Upaya yang telah dilakukan PS dalam meningkatkan kualifikasi dan kompetensi tenaga kependidikan Buka Dokumen
Standar 5
5.1.1.1 Kejelasan perumusan perumusan kompetensi lulusan di dalam kurikulum Buka Dokumen
5.1.1.3 Orientasi dan kesesuaian kompetensi lulusan dengan visi dan misi program studi Buka Dokumen
5.1.2 Struktur kurikulum, Untuk program yang mengikuti jalur kurikulum terstruktur Buka Dokumen
5.1.2.2 Silabus SAP setiap Mata Kuliah Buka Dokumen
5.1.3.1 Pelaksanaan peninjauan kurikulum selama lima tahun terkahir Buka Dokumen
5.1.3.2 Penyesuian kurikulum dengan perkembangan ipteks dan kebutuhan masyakarat Buka Dokumen
5.2.1 Persyaratan Mukim Buka Dokumen
5.2.2 Persyaratan penguasaan bahasa inggris (TOEFL) Buka Dokumen
5.2.3 Mengikuti perkuliahan dan ujian mata kuliah Buka Dokumen
5.2.4 Ujian kualifikasi Buka Dokumen
5.2.5 Penyajian dan penilaian rencana penelitian Buka Dokumen
5.2.6 Penyajian hasil penelitian disertasi dalam seminar Buka Dokumen
5.2.7 Publikasi hasil penelitian disertasi Buka Dokumen
5.2.8 Penulisan disertasi Buka Dokumen
5.2.9 Ujian akhir tertutup studi doktor Buka Dokumen
5.3.1 Sistem pembimbingan penelitian disertasi dan penulisan disertasi Buka Dokumen
5.3.2.1 Jumlah maksimum mahasiswa yang dibimbing oleh seorang dosen pembimbingan disertasi Buka Dokumen
5.3.2.2 Jumlah maksimum mahasiswa yang dibimbing oleh seorang dosen pembimbing Buka Dokumen
5.3.2.3 Jabatan akademik (fungsional) dosen pembimbing utama/promotor disertasi Buka Dokumen
5.4
Sistem monitoring dan Evaluasi (monev) Pembelajaran Buka Dokumen
SK Rektor No 3494 Tahun 2017 Tentang Sistem Penjaminan Mutu Internal UNP Buka Dokumen
SK Penetapan Tim Monev Buka Dokumen
SOP pembelajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat Buka Dokumen
SOP Monev Pelaksanaan Proses Pembelajaran PSS3BK Buka Dokumen
SOP Kelayakan Mutu Disertasi Buka Dokumen
SOP Pengajuan Promotor dan Ko-Promotor PSS3BK Buka Dokumen
SOP Pelaksanaan Tugas Akhir Buka Dokumen
SOP Usulan Penelitian Buka Dokumen
Hasil Monitoring dan Evaluasi Pembelajaran Buka Dokumen
5.4.1 Monitoring dan evaluasi pelaksaan ujian kualifikasi Buka Dokumen
5.4.2 Monitoring dan evaluasi proses penyusunan usul penelitian dan pelaksanaan penelitian disertasi Buka Dokumen
5.4.3 Monitoring dan evaluasi proses penulisan disertasi Buka Dokumen
5.4.4 Monitoring dan evaluasi kelayakan dosen dalam proses pembimbingan Buka Dokumen
5.4.5 Monitoring dan evaluasi ujian akhir tertutup studi doktor Buka Dokumen
5.5 Keberadaan kegiatan untuk meningkatkan kemampuan lulusan program doktor Buka Dokumen
5.6.1 Kebijakan tertulis tentang suasana akademik Buka Dokumen
5.6.2 ketersidaan dan kepengkapan jenis prasarana, sarana serta dana Buka Dokumen
5.6.3 Interaksi akademik berupa program dan kegiatan akademik Buka Dokumen
5.6.4 Pengembangan perilaku kecendikiawan Buka Dokumen
Standar 6
6.1.1 Keterlibatan prodi dalam perencanaan target kinerja, perencanaan kegiatan/kerja dan perencanaan alokasi dan pengelolaan dana Buka Dokumen
6.1.2.1 Persentase peroleahan dari mahasiswa dibandingkan dengan total penerimaan dana Buka Dokumen
6.1.2.2 jumlah dana operasional permahasiswa pertahun diluar dana penelitian disertasi Buka Dokumen
6.1.2.3 Dana penelitian dosen dalam 3 tahun terakhir Buka Dokumen
6.1.2.4 Dana pelayanan/pengabdian kepada masyarakat dalam 3 tahun terkahir Buka Dokumen
6.2.1 Ruang kerja dosen: luas, kelengkapan, dan kenyamanan Buka Dokumen
6.2.2 Tempat kerja mahasiswa program studi doktor: (1) Ketersediaan meja kerja dan (2) akses internet Buka Dokumen
6.2.3 Prasarana (kantor, ruang kelas, ruang laboratorium, studio, ruang perpustakaan, kebun percobaan, dsb. kecuali ruang dosen) yang dipergunakan PS dalam proses pembelajaran. Buka Dokumen
6.2.4 Prasarana lain yang menunjang (misalnya tempat olah raga dan seni, ruang bersama, poliklinik). Buka Dokumen
6.3.1.1 Bahan pustaka berupa buku teks lanjut. Buka Dokumen
6.3.1.2 Bahan pustaka berupa jurnal ilmiah terakreditasi Dikti. Buka Dokumen
6.3.1.3 Bahan pustaka berupa jurnal ilmiah internasional (termasuk e-journal). Buka Dokumen
6.3.1.4 Bahan pustaka berupa prosiding seminar dalam tiga tahun terakhir. Buka Dokumen
6.3.2 Ketersediaan, akses dan pendayagunaan sarana utama di laboratorium (tempat praktikum, bengkel, studio, ruang simulasi, rumah sakit, puskesmas/balai kesehatan, green house, lahan untuk pertanian, dan sejenisnya). Buka Dokumen
6.4.1
Sistem informasi dan fasilitas yang digunakan PS dalam proses pembelajaran (hardware, software, e-learning, perpustakaan, dll.)
Buka Dokumen
Winstep
Nvivo
Sosiometri
WarpPLS
6.4.2 Aksesibilitas data dalam sistem informasi. Buka Dokumen
Standar 7
7.1.1 Hasil penelitian (judul dan laporan) Buka Dokumen
7.1.1.1 Keberadaan dan kesesuaian agenda penelitian dosen dengan bidang studi Buka Dokumen
7.1.1.2 Lingkup jaringan penelitian Buka Dokumen
7.1.2 Penggunaan pendekatan dan pemikiran baru dalam penelitian dosen dan mahasiswa Buka Dokumen
7.1.3 Jumlah penelitian yang sesuai dengan  bidang keilmuan PS Buka Dokumen
7.1.4.1 Jumlah artikel ilmiah yang dihasilkan oleh dosen tetap yang bidang keahliannya sesuai dengan PS selama lima tahun terakhir Buka Dokumen
7.1.4.2 Artikel ilmiah yang tercatat dalam lembaga sitasi Buka Dokumen
7.1.5 Persentase mahasiswa program doktor yang penelitian disertasinya adalah bagian dari penelitian dosen Buka Dokumen
7.1.6 Karya-karya dosen atau mahasiswa PS yang telah memperoleh hak paten Buka Dokumen
7.1.7 Dampak hasil penelitian terhadap peningkatan aspek Buka Dokumen
7.2.1 Jumlah kegiatan pelayanan/pengabdian kepada masyakarat (PKM) Buka Dokumen
7.2.2 Hasil/dampak kegiatan pelayanan/pengabdian kepada masyakarat dari dosen prodi Buka Dokumen
7.3.1 Kegiatan kerjasama dengan instansi di dalam negeri dalam 3 tahun terakhir Buka Dokumen
7.3.2 Kegiatan kerjasama dengan instansi di luar negeri dalam 3 tahun terakhir Buka Dokumen